Kamis, 11 November 2010

Produk Perbankan-Mandiri Tabungan Rencana

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang dan meminjamkan uang. Namun dikalangan masyarakat, bank lebih dikenal sebagai tempat menabung yang paling aman. Padahal bank sendiri artinya adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Seiring perkembangan zaman, bank tidak hanya dikenal sebagai tempat menabung saja, namun bank mengeluarkan berbagai produk yang ditawarkan pada nasabah yaitu masyarakat Indonesia. Mulai dari tabungan, giro, deposito, dan banyak lainnya.
Bank Mandiri adalah salah satu bank yang cukup diminati masyarakat Indonesia, Bank Mandiri sendiri merupakan hasil merger antara Bank Bumi Daya (BBD). Bank Dagang Negara (BDN), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), dan Bank Ekxpor Impor Indonesia (Bank Exim). Hasil merger keempat banki ini dilaksanakan pada tahun 1999.
Karena Bank Mandiri banyak diminati masyarakat, Bank Mandiri terus berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk para nasabah. Produk yang ditawarkan juga sangat beragam, tabungan sendiri banyak macamnya diantaranya Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Bisnis, Mandiri Tabungan Rencana, Mandiri Tabungan Haji, Mandiri Tabungan Valas, dan Tabunganku. Sedangkan produk deposito, Mandiri Deposito, dan Mandiri Deposito Valas. Dan banyak lainnya.
Saat ini saya akan membahas salah satu produk Bank Mandiri, yaitu Mandiri Tabungan Rencana. Mandiri Tabungan Rencana adalah tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan ekstra perlindungan asuransi.
Persyaratan Mandiri Tabungan Rencana :
• Penabung berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 70 tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
• Memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
• Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana dan Form Pernyataan Kesehatan.

Keuntungan menggunakan Mandiri Tabungan Rencana :
• Kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10,-per bulan.
• Anda dapat menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan.
• Jangka waktu yang fleksibel (1 thn 20 thn).
• Perlindungan Asuransi gratis (Bank Mandiri bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Manulife memberikan perlindungan asuransi bagi penabung hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung).
• Konsultasi gratis dengan Customer Service professional kami.
• Suku bunga MTR diatas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan
Perbedaan Mandiri Tabungan Rencana dengan Tabungan biasa adalah nasabah mendapat perlindungan asuransi dengan gratis (premi asuransi dibayar Bank Mandiri), plus bunga yang relatif lebih tinggi. Mandiri Tabungan Rencana juga dirancang agar keinginan Anda di masa depan dapat terwujud, tanpa ada halangan apapun.
Perlindungan asuransi yang nasabah dapatkan seperti misalnya jika nasabah benar-benar tidak mampu untuk meneruskan pembayaran setoran bulanan atau meninggal dunia, maka pihak asuransi yang akan meneruskan setoran rutin bulanan nasabah (maksimal Rp 5.000.000,- atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung). Sehingga pada akhir jangka waktu yang diinginkan, nasabah akan tetap menerima hasil tabungan beserta bunganya, atau nasabah dapat memperoleh sisa setoran rutin bulanan di muka setelah memperhitungkan Net Present Value (NPV) dengan tingkat suku bunga diskonto yang berlaku.
Untuk mendapatkan perlindungan asuransi ini nasabah hanya perlu mengisi formulir sebagai nasabah Mandiri Tabungan Rencana, dan secara otomatis nasabah akan mendapat perlindungan asuransi.
Untuk menyetorkan setoran wajib bulanan, nasabah harus memiliki rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro, sehingga nasabah cukup menjaga saldo pada tanggal yang ditentukan untuk dipindahkan otomatis ke rekening Mandiri Tabungan Rencana secara rutin tiap bulan. Dan jika nasabah tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka system secara otomatis akan menutup rekening Mandiri Tabungan Rencana. Nasabah dapat menambah atau mengurangi jumlah setoran rutin tiap bulan. Jika nasabah benar-benar tidak mampu membayar setoran rutin tiap bulan atau meninggal dunia, nilai pertanggungan yang akan diganti oleh pihak asuransi adalah rata-rata setoran 6 bulan terkahir.
Mandiri Tabungan Rencana adalah produk bank mandiri yang disiapkan untuk para nasabah mempersiapkan rencana masa depan. Mulai dari rencana membeli rumah, rencana sekolah putra-putri anda, rencana menikah dan rencana lainnya. Bank Mandiri membantu para nasabahnya untuk mewujudkan impian di masa mendatang.


Sumber : 1. www.bankmandiri.co.id
2. www.wikipedia.org

1 komentar:

  1. ternyata gitu ya...udah ngerti nih :D


    komen back http://nextspirit.blogspot.com/2013/01/produk-produk-berkualitas-bank-mandiri.html

    BalasHapus