Selasa, 02 November 2010

Kisah anak kuliahan . .

Ternyata jadi anak kuliah ga sebebas yang gw bayangin.. mungkin bagi mereka jadi anak kuliah itu enax, tapi buat gw yang punya orang tua dan pacar protektif. Ga ada bedanya sama waktu masi kecil. Kesini ga boleh.. kesitu ga boleh..huh
Dan inilah kisah gw…
Gw Renna usia 17 tahun. Dan tahun ini, gw lulus SMA. Kebayang ga sih apa yang ada di otak gw sekarang…”GW JADI ANAK KULIAHAN…HAHAHA”.. Gw bebas ngelakuin apa yang gw mau sekarang. Pake baju bebas, pulang malem, hangout bareng temen, dan banyak…banget yang udah gw rencanain karena sekarang gw uda kuliah. Dan yang paling penting “selamat tinggal BAJU SERAGAM…”
Hari pertama kuliah. hmm..ketemu temen baru yang sama sekali belum gw kenal. Pengalaman baru nih. Dengan rasa malu-malu gw memberanikan diri untuk berkenalan dengan mereka semua. Kayanya gw uda ketemu temen yang buat gw ngerasa nyaman, namanya Putri. Oia, karena lo uda jadi anak kuliah. Lo harus pinter-pinter milih temen, jangan sampe lo terjerumus ke dalam hal-hal negative. Karena itu bisa ngerugiin lo.
Setelah beberapa bulan, gw jadi anak kuliahan udah banyak banget pengalaman yang bisa gw ambil untuk gw jadiin pelajaran. Ga cuma pelajarannya ajah yang bisa lo ambil, tapi dalam bergaul, berorganisasi, sampai masalah cinta. Bisa lo jadiin pelajaran. Tapi sekarang gw mau bahas masalah pergaulan dulu ni. Di kampus, lo bisa nemuin banyak banget pergaulan. Tergantung lo milih dengan siapa lo mau bergaul.
Malam ini gw diajak sama temen-temen kampus gw buat hangout bareng, tapi setelah gw bilang ma ortu dan pacar gw. Apa yang terjadi. Mereka ga ijinin gw pergi. Huh.. lo bisa bayangin kan gimana perasaan gw saat itu, gondok, kesel, bt..semuanya campur jadi satu, jadilah emosi.. ga abis pikir gw, kenapa si mereka ga pernah ngerti apa yang lagi gw rasain, gw tu mo nikmatin masa muda gw. Karena buat gw, masa muda itu penting. Dan ga akan pernah terulang lagi. “Emang mereka ga pernah muda apa?”
Ortu gw melarang dengan sejuta alasan, “kamu tu cewe ga baik keluar malem! Kamu juga masi kecil belom cukup umur keluar malem! Nanti kalo dijalan ada apa-apa gimana. Kalo kamu terjerumus narkoba gimana. Atau kamu terjerumus sex bebas gimana….”bla…bla..bla… banyak kan alasannya. Belum lagi pacar gw, yang bawelnya lebih dari ortu gw. Padahal ya gw cuma mau hangout ma temen-temen gw. Lebai banget kan mereka.
Keesokan harinya gw harus pulang malem dari kampus, karena gw harus ngerjain tugas kelompok bareng temen-temen gw. Dan celakanya hp gw lowbat, dan lupa ngasi tau ortu dan pacar gw. Pas gw mau balik, pacar gw nunggulah di depan. Dengan muka yang lagi emosi, diceramahin lah gw. Lo bisa bayangin kan, gimana kalo orang lagi diomelin. Gw cuma bisa minta maaf sama pacar gw dan janji untuk ngabarin dia.
Sampe rumah, gw juga ga luput dari bahan omelan ortu gw. Lagi-lagi gw harus minta maaf dan janji ga ngulangin lagi. Huh..BT banget sumpah. Gw tu pengen teriak di depan mereka semua, “HELLO..GW UDA KULIAH..BUKAN ANAK SEKOLAH YANG HARUS KALIAN KONTROL TIAP WAKTU..” kenapa sih ga da yang ngerti itu..
Liburan pun tiba, betapa bahagianya hati gw menunggu saat-saat ini. Dan temen-temen kelas gw, ngerencanain untuk liburan ke BALI. Waw..dahsyat kan. Sesampainya di rumah, gw bilang sama ortu gw, dan apa yang terjadi lagi? Lagi-lagi gw dilarang untuk pergi dengan berjuta-juta alasan. “ga ada izin dari kampus kan? Kamu ga boleh pergi. Nanti kalo ada apa-apa di jalan gimana. Siapa yang mau tanggung jawab. Temen-temen kamu?! Nanti gimana makannya, kalo ga sehat gimana. Nanti kamu pasti makan sembarangan. Kamu kan ga bisa makan sembarangan. Nanti penyakit kamu kambuh lagi. Belum lagi nanti temen-temen cowo kamu yang kurangajar. Mamapapa kan belum tau gimana temen-temen kamu. Baik apa ngga. Nanti kalo ada yang iseng masukin narkoba ke tas kamu gimana…”bla..bla..bla.. cukup panjang kan ceramahnya. Dan gw cuma bisa masuk kamar dan berharap keajaiban pun datang.
Karena ortu gw ngerasa salah, dia nawarin gw untuk nginep di villa yang di puncak. Dan mereka ngajak pacar gw. Rasa sakit gw sedikit terobati si, tapi tetep ajah temen-temen gw pasti lagi seneng-seneng di Bali. Dan gw pasti akan jadi bahan lelucon mereka setelah masuk. Huh..nasib..nasib..pasrah ajah deh gw..
Hari ini hari pertama masuk setelah libur panjang, dengan tampang muram, langkah gontai, gw harus pasrah kalo temen-temen gw pada ngejek gw. Dan jadiin gw sebagai bahan lelucon mereka. Tapi sesampainya gw di kelas, mereka tampak sedih. Loh..sebenarnya ada apa ini. Mereka pulang liburan tapi dengan muka yang sedih. Karena gw penasaran, bertanyalah gw pada sahabat gw Putri. “Put. Ada apaan si? Kok kalian pada sedih gitu? Emang ga seneng ia liburan ke bali?” dengan berlinang air mata putri pun memeluk gw sambil nangis. Makin bingung lah gw, ada apa si sebenarnya.
Putri pun mengajak gw keluar kelas dan dia cerita semuanya. “Na. awalnya kita seneng banget bisa berangkat ke bali liburan bareng. Hari pertama kita disana, kita seneng-seneng. Hari kedua kita mutusin pergi ke pantai, dan saat itu cuaca lagi ga mendukung tapi..” tiba-tiba putri memutus ceritanya dan kembali menangis. Gw tambah bingung sebenarnya ada apa sih. Setelah merasa agak tenang Putri melanjutan ceritanya. “tapi Ryan ga peduli akan peringatan itu. Dan akhirnya dia terbawa ombak dan tidak kembali lagi..” Putri pun kembali menangis dan gw pun ikut menangis.
Setelah kejadian itu, gw sadar semua nasihat dan larangan yang ortu gw kasi buat gw. Mereka melakukan semua ini karena ingin yang terbaik untuk anaknya. Beruntunglah bagi kalian yang mempunyai ortu protektif, karena dibalik keprotektifan mereka terdapat kasih sayang yang begitu besar. Walaupun pada awalnya kalian merasa kesal, tapi berpikirlah dari sisi positifnya. Semua mereka lakukan untuk kalian juga. Karena sesungguhnya pada usia ini lah, kita butuh perhatian dan nasihat dari orang-orang di sekeliling kita. Terutama orangtua. Karena pada tahap ini kita menentukan masa depan kita sendiri. Ingin masa depan yang cerah atau berantakan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar